Posted in Diary

Mencari Kerja

SUDAH dua purnama hidup saya berjalan pasca wisuda. Di dua bulan itu, saya melakukan banyak hal. Bersenang-senang, jalan-jalan, makan-makan, foto-foto, dan berbagai hal menarik lainnya… well, let’s say those were kind of euphoria. Saya memulainya dengan beragam aktvitas foya foya dan hura hura. Jalan-jalan dari kota ke kota, nongkrong dari kafe ke kafe, nonton dari bioskop ke bioskop (emang di jogja ada banyak po?), hiburan karaoke hingga ke berbagai tempat yang… ah sudahlah…  Semuanya ada di dua purnama.

Saya meyakini bahwa apa yang saya lakukan itu adalah jeda yang saya hadiahkan buat perjuangan saya. Buat ihwal yg telah saya rampungkan di akhir Mei lalu itu. Entah apakah itu bisa dimaklumi sebagai bagian dari aktivitas produktif? Saya nggak tahu..  (produktif nguras tabungan..hehe).

Tapi, hey, saya nggak serta merta melakukan aktivitas foya foya itu begitu saja tanpa melakukan hal lain. Ternyata, penyakit sebagian besar fresh graduate pun hinggap di tubuh saya. Saya pun melamar berbagai pekerjaan yang bahkan saya ndak tahu apakah hal itu benar benar saya butuhkan.

Empat bank nasional telah menolak. Cih, sakit hati rasanya. Bahkan seleksi administratif aja nggak tembus. Ya, tampaknya Tuhan tahu bahwa saya ndak berkapasitas di dunia yang sarat riba itu *dipentung orang bank* Hehehe… Sementara email-email lainnya tak kunjung ada balesan. Tiga perusahaan rokok pun tampaknya sama. Tuhan juga ndak ikhlas kalo saya berkontribusi atas tingginya angka kematian akibat rokok. *hueeekksss.. :p*

Dan ketika kemaren satu hari dipanggil interview, si interviewer bilang: “wah mas, anda over qualified untuk kerjaan ini..” and I was like…..errrggh…  Over qualified dari Hongkong, satu lamaran aja belum ada yang nyangkut. wkwkwkkk… dan ya… abis lulus ya lulus aja.. kita harus memulainya dari awal. Pengalaman selama di kampus entah itu jadi aktivis ataupun mahasiswa berprestasi nggak sepenuhnya memengaruhi proses ini. Walaupun hal itu juga ndak bisa digeneralisir.

Lalu teman-teman di lingkaran pertama saya? Mereka, sedikit demi sedikit, sudah menghilang dari Jogja, dari sebuah kota yang sungguh bersahabat ini.

Ada yang S2 kemana-mana, ada yang kerja inilah itulah, ada yang kawin, ada yang bahkan sudah punya anak *kapan nikahnya ya*, ah macem-macemlah… sementara saya bahkan masih dikira anak SMA atau paling ndak dikira mahasiswa semester awal *dilempar cermin*

Saat ini, saya masih dalam proses “PENCARIAN”. Mencari sesuatu yang sebetulnya benar-benar saya butuhkan. Bukan sesuatu yang saya inginkan. Dan benar saja, bank dan perusahaan rokok, sudah ada dalam blacklist saya, dua jenis pekerjaan yang nggak direstui-Nya. Saya pun melek. Berpikir ulang dan menyusun kembali remah rencana di awal tahun 2009 lalu. Dan benar saja, tiga hal prioritas yang ada di resolusi awal tahun ini adalah bukan dua jenis pekerjaan tadi. Dan ndak lulus administrasi adalah semacam jawabannya.

Ya setidaknya saya sudah lulus. *ngehibur diri*. Ini adalah tahapan yang saya pikir semua orang akan alami. Cuma siapa saja yang terlebih dahuli melampauinya. Mungkin sebagian besar sohib blogger sudah khatam bahkan. Dan saya bagian yang masih tertatih-tatih. Anyway…

Kemarin, saya bercapek-capek ngurus SKCK dan kartu kuning. Apalagi kalo bukan siap bersaing dengan puluhan ribu peminat Deplu. Ah, kali aja ini hal yg saya butuhkan itu, di samping tentu saja masih hilir mudik dipanggil interview. *curcol selesai — siap siap packing ke ibukota* Wkwkwkkk… :p

Advertisements

Author:

He calls himself a simple social butterfly as he frequently engages in social media such as blogs and micro blogging. Indonesian living in Amsterdam.

83 thoughts on “Mencari Kerja

  1. aku udah setaun jd freelance smjk lulus. Sambil ngembangin bbrapa usaha. Dari awal semua. Modal didapetin dari project2. Tutup sana tutup sini. Ya mg aja berhasil. Gagal atau sukses, itu biasa. Yang penting itu berani memulai gagal atau sukses itu tadi.

  2. ahahahahaha… jadi inget note di facebook seseorang tentang kerjaan. emang lagi belum rejekinya sih… tapi kalo aku, ga perlu nglamar2 ke perusahaan2 gede dulu. yg kecil2 aja.. ambil smua kesempatan. nantinya akan muncul kesempatan yg lebih gede.

  3. ngakak-ngakak baco tulisan dipucuk, la lamo nian dak nulis se-renyah itu hahaha
    *setelah ngakak, ngankat tangan*
    Ya Allah, berkahilah kami di bulan sya’ban, dan sampaikan kami di bulan Ramadhan.
    May God bless u bro!

  4. salam barokah ilahiah…

    saya salut dengan mas fic, yang komitmen tidak bekerja dibidang yang diharamkan sang pemberi….
    kebanyak orang, yang penting kerja, tanpa melihat kehalalan atau keharamannya. semoga ini jadi poin positif untuk mas, supaya sang pemilik rezeki terayu untuk membukan segala pintu rezeki yang baik….

    semoga lanngkah yang sekarang sedang dijalani diberikan kemudahan oleh Allah swt.

    jangan lupa untuk berdoa dan beribadah, jikaa berasa doa mulia dan luhur tidak ngefek, berarti itu kurang sesuatu, tambah dengan tumpahan airmata dan tangismu, agar Allah mau membelinya dengan nilai yang lebih.

    janga putus asa. tetap semangat. jangan lupa sholat duhanya perbanyak…

    ualah dalah, maaf ni, malaah sok menasehati begini ya. hehehe

    🙂

    pokoknya, sukses, ya….

    salam rrrruuuuaaaarrrr bisa semangat….

    satu lagi, katanya nikah salah satu kunci pembuka pintu rezeki….hEeeeEeee

      1. Bersyukurlah kie, allah tu sayang igo samo kau,
        jadi kalo la positif salah atau deket dengen khilaf, lebih baik dijauhilah, dak usah nunggu ditegor 😀 *cak ke-iyo-an*

    1. Salam. Maaf bang.. dari yang saya baca diatas. Bukannya fickry ada komitmen utk tidak bekerja dibidang yang diharamkan sang pemberi. Tapi karena belum lolos. Itu kan kata dia. Jadi sangat bertolak belakang dengan apa yg anda sampaikan. Soalnya kalo emang komitment.. lha kenapa sampai 3 pabrik rokok dimasukin lamaran :). *dipentung fickry

      Tetap semangat ya fick

  5. wah selamat berpetualan saja mas, dan sekarang selamat berkelana dari corporate 2 corporate, kalaupun memang berat dan menanjak maka anggap sebagai suautu pendakian gununung, goodluck deh

  6. @awank: wkwkwkwk… awalnyo cak itu wank..tapi akhirnyo melok tergoda..hahha.. dan pada akhirnyo dak diterimo uwong…kekekekkekk….jd tuhan mungkin masih sayang akhi.. *dilempar tasbih*

    @jarwadi: u2 bro.

  7. saya mendukung untuk daftar DepLu ki!!
    it’s so you i think 😉
    u have the capability and the passion.
    I really hope u get accepted there instead of bank or cigarette companies
    go do your best! 😉

  8. hmmmm….
    semangat bro…
    dengan menempelkan foto bercumlaude itu di CV..
    kayaknya gak bakalan kesusahan..
    heheheh…

  9. @blue: saya dah di jakarta mas..hehe… ntar mo maen ke langsat..

    @iphan: tengs tengs..

    @maafku: iya..i’m enjoying this anyway…salam kenal jg.. 🙂

    @orido: amiiiiinnnnn..heheh..

    @Fenty: saling mendoakan ya mbk…

    @anink: sip sip…semoga kita bertemu di jakarta..hehe..

    @mbk no: hehehe….amiiiiinnnn..

    @gerilyawan: nggak ada bakat mas…saya boros..hehe..

    @bsb: belum tuh…hehe…

  10. Over qualified – wah saya sering sekali mendengarnya.. namun acapkali kita perlujuga menyadari bahwa mungkin selama ini kita perlu menggeser pasar tenaga kerja ke lingkungan yang lebih besar dan jauh, sudah mencoba bergabung bersama kami si afrika?

    Kita ngobrol deh – sebab tiap hari masih berjibun lowongan yang berlum terisi.. Didoakeun bisa menemukan lowongan yang cocok dan selamat datang di United Nations, ini duniamu juga! 😀

  11. Dulu saya sudah sering berganti-ganti kerja sejak masih kuliah. Setelah lulus, hanya butuh dua purnama untuk “menjual ijasah”. Itu mungkin karena koneksi sudah cukup bagus karena saya sudah bekerja sebelumnya. Siyalnya, 5 tahun sesudah itu saya di-PHK… Jadilah saya kembali kerja serabutan sampai sekarang…
    *Perjuangan untuk lulus seringkali menghabiskan energi, ternyata perjuangan untuk mendapatkan pekerjaan jauh lebih melelahkan.
    **Ditolak kerja memang menyakitkan, namun lebih menyedihkan diputus kerja… sumpah, saya pernah ngalami…
    ***Enjoy aja!

  12. setuju ma pak Andy..diputus kerja lebih menyakitkan…ternyata perjuangan di bangku kuliah baru sedikit dari perjalanan panjang hidup ini..sukses aja..semoga keberuntungan ada di tanganmu dan mendapat apa yang u butuhkan..sukses n salam kenal walau sering ketemu di acar2 blogger…

  13. @yudhita: amiiiinnn

    @domba garut: gabung di UN? seru bang.. blm tau jalurnya aja..dan gmn2 nya.. 😦

    @andy MSE: hehehe… bener sih.. saya juga udah sempat kerja semasa kuliah..bahkan di tahun terakhir sebelum wisuda udah kerja full time di online media yg katanya basbang itu..hahha..

    @noersam: oh ya..hehe…sip sip…

    @rusa: definitely… tapi seru loh..

  14. sepertinya kita senasib sepenanggungan fik. . .cuma aku belum sampe ditolak 5 bank. .hehehehe
    gud luck for the astra though 🙂

  15. Baru juga 2 purnama, ada yang berpuluh-puluh purnama belom juga dpt kerja.
    Semangat aja bro, pantang menyerah!!
    Jangan menyerah, jangan menyerah…
    By. D’Massive

  16. @BSB: hahaha..sering2 maen ya.. 😀

    @anggi: hahaha.. amin,,, kali aja kita jodoh disana nggi..

    @zippy: aseeemmm.. *kirim Zp ke Timbuktu*

    @HAjier: insyaAllah,. thx anyway..

  17. aku tinggal di ibukota mas… kalo berminat bantuan nanti email aja. siapa tau bisa bantu..
    Oia, bagaimana kalo ber-entrepreneur ? bukan berdagang lho… mengingat saingannya banyak dan ujung2nya yah… tau kan gmn karyawan

  18. @blue: hehhe..makasih…seneng didoain selalu..

    @kelly: jiaah.. 1000 kelamaan bu..

    @arham: nggak ada bakat saya jd pedagang..kikikikikkkk…

    @didut: tngkyu duuuttt

    @abee: mo dikerjain bi? haha

  19. Assalamaualaikum ya Fickry….

    Hehehe, nggak hanya kamu aja yang pernah mengalami hal seperti itu banyak sekali jumlahnya… Namun aku mungkin cuma bisa kasih pesan seperti ini:

    Kadang kita meminta kepada Alloh setangkai bunga yang indah, namun Dia beri kita kaktus yang berduri. Kita meminta kupu-kupu…., namun Allah memberi kita ulat. Kita pun sedih dan kecewa…. Namun kemudian, kaktus itu berbunga indah sekali dan ulat itu berubah menjadi kupu-kupu yang sangat cantik. Itulah jalan Alloh, indah kalau sudah pada waktunya… Alloh tidak memberi apa yang kita harapkan, tetapi ia memberi apa yang kita butuhkan. Dia atas segalanya Dia selalu merajut yang terbaik untuk hidup kita…..

    Moga2 dapat menambah spiritmu ya bro….

    Wassalamualaikum…

  20. halo mas iki….. salam kenal… saya ivan. saya udh baca “curhatan” mas iki di blogspot sama yg ini juga, hehehe. kebetulan saya juga mahasiswa baru jurusan ilmu komunikasi, saya juga belum tau banyak mengenai ilmu komunikasi. dan saya kira mas iki seorang sarjana ilmu komunikasi, jadi saya ingin mas iki membagi pengalaman tentang ilmu komunikasi, apasaja yang di pelajari, dan semuanya deh tentang ilmu komunikasi. sebelumnya makasih ya mas iki… 🙂

  21. Mari Membeli Masa Depan

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 ata S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:2.000.000
    -D3:4.000.000
    -S1:6.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB:08887054873 / 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  22. Mari Membeli Masa Depan

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 ata S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3 :6.000.000
    -S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  23. urgent!! hye im hady new here..i cari sape yg nak buat part time sbg promoter F1..only girl i ned yah..gaji boleh tahan,”start on 22 jan 2010..plz call or sms 0173352620 akan i bg tahu detail nanti..tq hapy new year n gd day

Komen dong kakak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s