Posted in Diary, Press

Untukmu Guruku

BAK-XL_Untukmu-Guru-_Banner_795x443-px(Mei-Juli)DULU saya ingat benar bagaimana saat mengadakan survey ke salahsatu desa di Cisarua, Purwakarta Jawa Barat. Bersama dua relawan Gerakan Indonesia Berkibar, kami  lainnya, kami menempuh waktu kurang lebih dua jam dari Jakarta. Kunjungan ini adalah bentuk survey yang kami lakukan untuk menjawab laporan dari salahseorang simpatisan Gerakan Indonesia Berkibar tentang kondisi sebuah sekolah yang memperihatinkan.

Singkat cerita, perjalanan memakan kurang lebih 2 jam. Sekira pukul 13.00 WIB kami menuju SDN 03 Cisarua. Setelah menggunakan mobil selama 15 menit melalui jalan yang cukup ekstrim kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu boat hingga akhirnya tiba di SDN 03 Cisarua. Yang membuat saya terenyuh adalah fakta bahwa terdapat 3 guru yang dengan setia mengabdi mengajar anak-anak dengan kondisi seadanya. Pak Hendra, Ibu Ema dan Ibu Winie adalah guru-guru yang terus setia mengajar meskipun gajinya kurang dari Rp 200,000 sebulan. 

Kondisi inilah yang kemudian membuat saya makin yakin bahwa perhatian pemerintah dan kita sangat minim bagi mereka. Penghasilan jauh dari memadai yang diterima oleh para pendidik ini sesungguhnya merupakan ironi, mengingat tingginya dedikasi mereka dalam pendidikan. Masih banyak guru berpendapatan kurang dari satu juta rupiah per bulan, ditambah lagi ketidakjelasan status mereka sebagai guru honorer.

Untuk itulah Bait Al Kamil bekerjasama dengan XL Axiata menggagas  program SMS Donasi #UntukmuGuru. Program ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para guru lewat penggalangan dana melalui SMS bagi pengguna XL.

Tersedia dua jenis SMS Donasi dengan nominal 2500 dan 5000 rupiah, angka yang relatif kecil dibandingkan dengan biaya makan kita pada umumnya, namun jika penggalangan ini dilakukan secara masal tentunya akan memberikan dampak yang signifikan dalam peningkatan kesejahteraan para guru honorer.  Untuk mengikuti program #UntukmuGuru dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Donasi Rp. 2,500: ketik GURU kirim ke 2500
  • Donasi Rp. 5,000 : ketik GURU kirim ke 5000

Jumlah donasi akan dipotong dari nilai pulsa yang dimiliki tanpa biaya SMS. Dana yang diterima nantinya akan disalurkan melalui Bait Al Kamil. Bait Al-kamil (Rumah Kesempurnaan) merupakan organisasi yang berperan sebagai wadah peningkatan partisipasi masyarakat dalam hal kepedulian sosial, bantuan kemanusiaan dan bencana, yang merupakan mitra strategis dari Putera Sampoerna Foundation dalam pengelolaan zakat, infak sedekah, serta dana kemanusiaan.

Nah mumpung bulan baik, ayok ramai ramai berdonasi untuk kesejahteraan guru yang lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SMS donasi, silakan kunjungi www.baitalkamil.org atau www.xl.co.id/smsdonasi

Advertisements

Author:

He calls himself a simple social butterfly as he frequently engages in social media such as blogs and micro blogging. Indonesian living in Amsterdam.

One thought on “Untukmu Guruku

  1. Hello There. I found your blog using msn. That is a really neatly written article.
    I will make sure to bookmark it and return to learn extra of
    your helpful information. Thank you for the post.

    I will definitely return.

Komen dong kakak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s