Posted in Aussie

Hari ini di 2 Tahun yg Lalu

Rabu, 2 Juli 2008

Tepat malam ini, ingatan saya melayang jauh ke dua tahun yang lalu pada 2 Juli 2006 di Gelanggang Mahasiswa UGM. Malam itu begitu sakral dan begitu dinanti-nantikan sejak kali pertama di tahun 2004 menjadi anggota di sana (anggota apa coba ??? 🙂 ). Sekira pukul 10pm, dua cikal kembar itu melekat di kedua pundak saya, ya..saya, waktu itu, dilantik menjadi Pramuka Pandega, setelah sebelumnya, juga dua tahun, menjadi calon Pandega. Dan beberapa bulan setelah itu tepatnya tanggal 16 Desember 2006, saya dilantik menjadi ketua Racana Gadjah Mada (ketua Pramuka putra UGM). 

Mungkin agak aneh jika mendengar ada mahasiswa yg masih ber-Pramuka. Hohoho, walopun ada yg bilang cupu, anak kecil, hare gene?, ato beberapa stereotype lainnya ttg Pramuka (kayak tepuk tangan dan nyanyi2), saya dan beberapa teman, toh, tetap aja merasakan manfaat yg begitu besar karenanya.

Kemampuan manajerial, inisiatif, dan berorganisasi justru terasa sangat bermanfaat ketika saya berada di komunitas lain. Hal-hal sepeleh seperti tali-temali dan menjadi Game Master sangat berguna ketika kita berpartisipasi di beberapa komunitas atau organisasi yang baru kita geluti itu. Kita lebih mudah untuk beradaptasi dan bergaul lantaran ‘kelebihan’ yg kita miliki tadi (*bukan narsis loh..hehehe 🙂 ).

Oh ya satu hal lagi, setelah saya riset ke beberapa teman, ternyata mereka yg memilki streotype (negatif) ttg Pramuka sebagian besar memilki pengalaman buruk ttg Pramuka. Entah itu kena hukum, pembinanya yg gak mutu, ato bahkan kegiatannya yg membosankan. Nah, celakanya, pengalaman ini kemudian digeneralisasi…(kebanyakan kita gitu yak..hehe 🙂 ). Dan kebetulan saja, utk kasus saya, saya menemui pembina yg begitu kreatif dan atraktif, dan juga penuh prestasi (baik akademik maupun ekstra). Jadi, sejarah kepramukaan saya yg saya mulai sejak kelas 5 SD hingga kini pun selalu bercerita tentang hal-hal yg begitu menarik dan menyenangkan. BAyangkan, kita tak perlu masuk Mapala, tak perlu gabung di Palang Merah, Komunitas Debat ato BEM..karena semua ‘skill’ itu bisa diasah di Praja Muda Karana. (hehehe..ngiklan bgt yak..hehehe 🙂 ). Salam Pramuka!! 

Advertisements

Author:

He calls himself a simple social butterfly as he frequently engages in social media such as blogs and micro blogging. Indonesian living in Amsterdam.

15 thoughts on “Hari ini di 2 Tahun yg Lalu

  1. Salam pramuka juga!, Ikut pramuka, kita di tuntut jadi pemberani, mampu bersosialisasi dan tangkas…. Pokoknya bawaannya riang gembira….

  2. Semua itu berawal dari niat dan total kalau kita sudah terjun sebenar-benarnya terjun pasti kita akan banyak mendpatkan manfaatnya tapi kalau cuma ikut yah maaf hanya capek yang didapat 😀

    SATYA DHARMA BAKTI NUSANTARA

  3. ngomomg2 pramuka,
    biar kata kuliah ini presty g lagi ikut pramuka..
    tapi buannyyaaaaakkkk biangeth pengalaman, pelajaran yang presty dapet dari hal2 yang berhubungan dengan pramuka.. termasuk yang paling jelek..
    gya ha ha ha 😆

  4. Saya malah salut dengan mahasiswa yang masih aktif di kegiatan pramuka ..
    cool sangat …

    saya juga ikut kegiatan pramuka …
    namun setelah aku bekerja pramuka aku tinggal kan …

    salam pramuka

Komen dong kakak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s